Wednesday 27 May 2015

SEJARAH BOLA BASKET | LENGKAP >>

Basket
Pengertian Basket - sebuah jenis cabang olahraga yang dimainkan dengan dua regu atau tim yang terdiri atas 5 orang pemain didalamnya, menggunakan satu bola yang direbutkan oleh kedua tim atau regu untuk dimasukkan kedalam sebuah keranjang yang diletakkan pada sebuah tiang tinggi. menggunakan kekompakan tim atau regu untuk dapat memperoleh kemenangan dalam sebuah pertandingan, kurang lebihnya seperti itu.
Baca juga sejarah Bola Voli disini


Sejarah Bola Basket - Awal mula permainan ini ditemukan oleh seorang guru dibidang senam asal Kanada bernama James Naismith ,pada era tahun 1891 tepatnya pada tanggal  15 Desember 1891. 

Permainan basket ini awal nya tidak sengaja di mainkan untuk mengisi waktu luang siswa didik dimusim dingin di New England , kemudian dirasa memiliki banyak potensial dan keunikan dalam jenis  permainan ini kemudian James Nismith mencoba untuk mengembangkan permainan yang tidak sengaja dia ciptakan ini, banyak usulan dari beberapa orang disekitarnya mengenai permainan ini, namun dirasa oleh James Nismith sendiri tidak cocok maka dengan tekat bulat James Nismith mulai membuat dan memodif dengan menambahkan beberapa peraturan dalam permainan mulai dari peraturan main jenis lapangan yang akan di gunakan dan perlengkapan sampai jumlah pemain yang berperan dalam sebuah permainan, 

Basket nama dari permainan ini sebenarnya tidak diciptakan oleh James Nismith, melainkan sebutan dari salah satu anak didik dari James Nismith saat permainan ini petama iya temukan dan dimainkan.
Pada akhir  era 1800-an permainan basket ini di Amerika mulai banyak diminati berbagai kalangan dan sangat digemari pula oleh pelajar-pelajar muda diseluruh Amerika saat itu bahkan Basket menjadi sangat populer .


Cabang olahraga Basket sendiri selain berkembang di Benua Amerika namun juga berkembang pesat diberbagai belahan dunia , dari Eropa Hingga Asia, 

Basket Indonesia - cabang olahraga basket berkembang diasia hingga masuk ke nusantara , Ada beberapa sumber seperti yang pernah saya baca disini .yang mengatakan , bahwa basket masuk kenusantara bersamaan dengan kedatangan pedagang-pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan. antara tahun 1894 dan 1895 an , Cabang olahraga basket memang sudah dikenal oleh masyarakat Cina bahkan dimainkan orang-orang Cina di Provinsi Tientsien  dan seluruh Cina. Mereka yang berdagang ke Indonesia merupakan masyarakat Cina dari kelompok menengah kaya sebagai identitas kelompok Cina modern.
Pada awal kemerdekaan tumbuh klub-klub bola basket di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, dan Surabaya sebagian besar tumbuh dari sekolah-sekolah Cina. Bahkan dari salah satu klub itu lahir salah seorang pemain legenda hebat Indonesia Liem Tjien Siong yang dikenal sebagai Sonny Hendrawan ( Pada 1967 Sonny terpilih sebagai Pemain Terbaik dalam sebuah Kejuaraan bergengsi Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan. Waktu itu, tim Indonesia menduduki peringkat ke-4 di bawah Filipina, Korea, dan Jepang ).

Cabang olahraga Bola Basket telah resmi diikut sertakan dan resmi dipertandingkan Naasional pada penyelenggaraan  PON I digelar di Solo pada tahun 1948,Tiga tahun berikutnya, Maladi sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Menteri Olahraga, meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk sebuah organisasi yang menaungi bola basket nasional. barulah dapat terbentuk Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955 atau Perbasi

Itulah sejarah perjalanan Cabang Olahraga Bola Basket ,hingga berkembang pesat di nusantara ,dan menjadi salah satu cabang olahraga terpopuler saat ini dikalangan muda . 
sekian informasi ulasan mengenai sejarah bola basket semoga bermanfaat 
terima kasih telah berkunjung..